top of page

Lunturnya Identitas Nasional




Identitas sebuah bangsa adalah salah satu faktor penting dalam pembentukan suatu negara selain sejarah bangsa itu sendiri. Selain itu identitas nasional berperan sangat besar dalam menentukan ke arah mana negara tersebut nantinya akan berkembang. Apakah itu kehancuran atau kemakmuran. Jika sebuah negara tidak dapat menentukan identitas dari bangsanya maka hancurlah negara tersebut ke arah yang tidak jelas dan tak menentu, yang akan mengancam eksistensi dari sebuah peradaban yang telah dibangun berapa lamapun negara itu berdiri.


Sebagaimana halnya eksistensi identitas nasional bangsa Indonesia yang sedang terancam oleh gejolak permasalahan internal. Sebut saja contohnya pergerakan ormas berpaham radikal yang mengancam salah satu unsur dari identitas nasional bangsa ini yaitu Pancasila.

Problematika bangsa yang sedang marak belakangan ini seakan menunjukkan bahwa bangsa kita belum matang dalam memahami perumusan dan arti dari identitas nasional yang telah dirumuskan oleh para ‘founding fathers’ kita. Entah disebabkan oleh umur dari bangsa ini yang masih terbilang muda jika dibandingkan dengan negara – negara maju yang telah terbentuk jauh sebelum Indonesia. Atau dikarenakan minimnya perhatian yang diberikan oleh masyarakat terhadap identitas nasional kita yang sesungguhnya.


Tak sedikit orang yang tidak memahami identitas nasional bangsa yang besar ini. Tak hanya itu, hal yang menjadi fundamental dalam identitas nasional seperti unsurnya pun masih minim dipahami oleh masyarakat luas. Keempat unsur dalam identitas nasional yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Integrasi, pluralisme dan multikulturalisme masih menjadi hal yang asing dari pengertian masyarakat luas terkhususnya kalangan menengah kebawah yang tidak terpelajar.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua. Bagaimana kita sebagai generasi penerus bangsa dapat kembali meningkatkan kesadaran akan arti terhadap identitas nasional bangsa kita. Dan apa yang dapat kita lakukan dalam memperbaiki identitas yang telah terkoyak ini yang akan menjadi penentu apakah bangsa kita akan menjadi sebuah bangsa yang besar atau malah akan menyebabkan involusi terhadap mentalitas bangsa kita sebagai suatu bangsa.

Tentang Kami
Anda beropini? Kami menyuarakan!

Suarakan tulisan anda bersama Panah Kirana. Kirimkan tulisan apa saja ke email kami dan akan kami suarakan di dalam kolom!

*Format: nama, judul, tulisan

Kirim Tulisan
Cari dengan tagar
No tags yet.
Social Media PANAH KIRANA
  • line
  • Instagram Social Icon

Ikuti terus perkembangan kami

bottom of page