top of page

R.O.M.A.N.S.A Vol 2



Retorika Emansipasi Mahasiswa atau ROMANSA, kali ini akan kembali hadir dalam acara Romansa volume 2 yang akan diadakan di Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci, gedung D lantai 5. Acara yang akan diadakan tanggal 6 Juni kali ini akan sedikit berbeda dengan Romansa sebelumnya, pasalnya bintang tamu yang menjadi guest speaker kali ini adalah seorang mantan ketua KPK, Antasari Azhar. Dalam wawancara yang dilakukan bersama ketua umum acara Romansa 2, Marchell Mico Pakel mengatakan bahwa acara ini bertujuan sebagai sebuah regenerasi mahasiswa dalam pembentukan moral kedepannya.


"Tujuan dari acara ini agar mahasiswa hukum melakukan regenerasi. Jadi kita jangan terlalu fokus nih kenapa penegak hukum kita udah hancur. jangan kita terlalu fokus itu. Tapi yang kita fokusin gimana kita sebagai actor of change, sebagai mahasiswa penerus bangsa kita tidak memiliki etika dan moral yang sama seperti para penegak hukum kita yang korup ini." ujar Pakel saat ditemui di Universitas Pelita Harapan, Lippo Karawaci (1/6/2017).


Pakel menerangkan alasan mengapa tahun ini memilih Antasari sebagai bintang tamu. Menurutnya pengalaman yang cukup banyak dan waktu yang lama dalam bidang penegakkan hukum menjadi salah satu alasan memilih Antasari sebagai bintang tamu.


"Gua lebih pengen penekanan dari pengalaman Pak Antasari sih. Dimana dia sebagai mantan ketua KPK, mantan kepala jaksa di Jakarta Selatan. Seharusnya dia tahulah dunia penegakan hukum bagaimana." sebut dia.


Pakel mengharapkan melalui adanya Romansa kali ini mahasiswa hukum dapat memiliki kesadaran yang tinggi terhadap keadaan hukum di Indonesia saat ini. Dia juga berharap bahwa setelah acara ini selesai, mahasiswa dapat berinisiatif untuk merubah Indonesia.


"Semoga dari acara ini yang gua harapkan mahasiswa hukum jadi sadar. Oh iya yah sebenarnya hukum di Indonesia itu seperti ini, gimana nih kita sebagai mahasiswa. Gua mau kita selesai dari acara ini punya inisiatif sendiri untuk merubah negara kita. Dari etika kita dulu menghadapi suap - suap seperti itu." tuturnya.


Selain Antasari, bintang tamu yang akan menjadi nara sumber adalah Dr. Thomas T. Pureklolon, M.Ph, M.M, M.S.


"Gua ngundang dia karena pertama, ngungkit dulu nih dalam dunia penegakkan hukum teorinya seperti apa, etika seperti apa dan nanti gua sambungin ke Pak Antasari prakteknya itu seperti apa. Jadi dalam diskusi nanti ada penjelasan dari teorinya dan kita ada penjelasan dari prakteknya. Karena dari teori dan prakteknya belum tentu sama. Teori A tapi pas praktek B. Yah intinya pada teorinya deh, sehingga nanti bisa kita sambungkan kepada Pak Antasari pada dunia prakteknya. Kedua, emang dia luar biasa sih pengetahuannya. Dia orangnya pinter, dia kritis." lanjutnya

Tentang Kami
Anda beropini? Kami menyuarakan!

Suarakan tulisan anda bersama Panah Kirana. Kirimkan tulisan apa saja ke email kami dan akan kami suarakan di dalam kolom!

*Format: nama, judul, tulisan

Kirim Tulisan
Cari dengan tagar
No tags yet.
Social Media PANAH KIRANA
  • line
  • Instagram Social Icon

Ikuti terus perkembangan kami

bottom of page