top of page

Elemen Kebobrokan Bangsa


sumber gambar: google.com


Mengikuti perkembangan dalam arus pemenuhan kebutuhan manusia sekarang ini semakin lama semakin sulit dan kompleks. Jika karena kebutuhan primer/kebutuhan mendasarnya seperti sandang, pangan, dan papan tidak dapat terpenuhi maka bisa saja orang tersebut tidaklah akan bisa bertahan hidup. Apalagi ketika berada pada lingkungan atau kawasan daerah dengan tingkat pemuas kebutuhannya sangat tinggi, seperti di kota-kota maju dengan standar penghidupan diatas rata-rata. Maka dengan sendirinya sangat sulit untuk memenuhi kebutuhan-kebetuhan utama yang diperlukan oleh manusia. Walaupun keperluan manusia sangatlah bermacam-macam, tetapi kebutuhan mendasar tetaplah sama dan harus terpenuhi agar manusia bisa dapat hidup dengan sejahtera.


Untuk bisa memenuhi kebutuhan hidup mendasar diperlukan tenaga yang sangat besar, usaha yang bisa menguras waktu, serta keahlian yang mumpuni. Karena jika tidak ada tenaga dan keahlian khusus maka sangatlah sulit bagi manusia untuk bisa bersaing mendapatkan fasilitas atau alat penunjang pemuas kebutuhan yang mahal dan langka untuk didapat. Tidaknya lepas pemuas kebutuhan tersebut adalah melalui alat pemuas kebutuhan, karena fasilitas tersebut merupakan instrumen yang menjadi pembantu untuk memuaskan kebutuhan manusia. Dalam kata lain, fasilitas atau alat tersebut pada dasarnya hanya bisa didapat jika adanya kerja keras dari suatu tindakan atau usaha untuk mendapatkannya.


Saat berada di lingkungan maju atau wilayah yang sedang berkembang sering sekali ditemukan generasi orang yang semua kebutuhan mendasarnya telah terpenuhi dengan mudah dan tidak perlu bersusah payah melakukan kerja keras untuk medapatkan fasilitas tersebut. karena semua keperluan itu telah terpenuhi dengan sendirinya melalui jerih payah orang lain. Keahlian yang di kesampingkan, dan rasa keinginan untuk mendapatkan sesuatu sudah tidak bisa dirasakan. Tidak adanya rasa perjuangan akan sesuatu untuk mencapai tujuan yang sulit, karena semuanya telah didapat karena ketersediaan fasilitas didepan mata serta dimanjakan oleh ketersediaan kelimpahan akan sesuatu. Keadaan inilah yang menjadikan generasi sekarang menjadi generasi yang hancur.


Pembelajaran inilah yang harus dibutuhkan untuk generasi sekarang, terutama generasi muda-mudi. Kemanjaan adalah hal yang buruk jika diterapkan secara terus menerus karena diperlukan jiwa dan mental kuat untuk kedepannya, memperjuangkan untuk mengusahakan sebuah tujuan adalah contoh pembelajaran yang penting untuk diimplementasikan didalam kehidupan nantinya.





Tentang Kami
Anda beropini? Kami menyuarakan!

Suarakan tulisan anda bersama Panah Kirana. Kirimkan tulisan apa saja ke email kami dan akan kami suarakan di dalam kolom!

*Format: nama, judul, tulisan

Kirim Tulisan
Cari dengan tagar
No tags yet.
Social Media PANAH KIRANA
  • line
  • Instagram Social Icon

Ikuti terus perkembangan kami

bottom of page