top of page

COFFEE-OLOGY


sumber: pinterest


Kopi – minuman yang berwarna hitam pekat itu sepertinya sudah mendarah daging dalam kehidupan sebagian masyarakat. Masyarakat berbagai kalangan baik dari kelas bawah hingga kelas atas, semua mengonsumsinya. Banyak yang beranggapan belum lengkap memulai aktivitas tanpa mengonsumsi minuman yang terbuat dari biji yang berbentuk seperti anggur ini. Kita sebagai mahasiswa pun tentunya sudah sangat familier dengan minuman ini, di saat-saat mengejar deadline ataupun hanya sekedar untuk duduk santai dengan teman, sering kali kita ditemani oleh secangkir kopi. Dengan menjamurnya kedai-kedai kopi dewasa ini, akses kita ke minuman beraroma sedap tersebut pun menjadi semakin mudah. Berdasarkan data yang dilansir oleh detikFinance, konsumsi kopi lokal di Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar di atas 8% per tahunnya.


Seperti yang telah umumnya diketahui, kopi mengandung suatu zat bernama kafein yang dapat meningkatkan energi dan membantu agar manusia tetap terjaga. Namun penelitian membuktikan bahwa kopi memiliki manfaat yang lebih dari sekedar itu, beberapa diantaranya sebagai berikut:


1. Kesehatan hati

Menurut studi yang dilakukan oleh Kaiser Permanente Medical Care Program di Amerika, minum kopi secara rutin dapat menurunkan risiko terkena sirosis bagi peminum alkohol sebesar 22%. Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan dari Italia, minum kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker hati sebesar 40%.


2. Mengurangi risiko diabetes

Kopi dapat membantu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2, dimana diabetes adalah salah satu faktor risiko paling umum dari kanker hati. Melalui penelitian yang dilakukan di University of California, Los Angeles (UCLA), diketahui bahwa meminum kopi dapat meningkatkan kadar protein sex hormone-binding globulin atau SHBG. SHBG itu sendiri mengendalikan aktivitas biologis hormon seks tubuh yang berperan dalam pengembangan diabetes tipe 2. Selain itu, Dr. Frank Hu dari Harvard telah melakukan riset yang menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi lebih dari 6 gelas kopi per hari memiliki kemungkinan terkena diabetes sebesar 22% lebih rendah.


3. Mengurangi rasa nyeri

Setelah melakukan aktivitas olahraga berat, tentunya otot-otot tubuh akan terasa nyeri. Journal of Pain yang dipublikasikan pada tahun 2007 menyatakan bahwa mengkonsumsi 2 gelas kopi setelah berolahraga dapat membantu mengurangi rasa nyeri di otot sebesar kurang lebih 48%.


Namun segala hal yang terlalu berlebihan tetaplah tidak baik. Ciri-ciri paling umum dari orang yang telah terlalu banyak mengkonsumsi kopi adalah mengalami kegelisahan, insomnia, tekanan darah meningkat, palpitasi jantung, mual dan pusing. Dalam kasus-kasus tertentu, mengkonsumsi terlalu banyak minuman tersebut diketahui dapat menyebabkan kesulitan bernafas, halusinasi, dan bahkan gagal jantung. Jadi, meskipun meminum kopi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, sangat penting untuk diingat agar tetap dikonsumsi secara secukupnya dan sesuai kebutuhan.

Tentang Kami
Anda beropini? Kami menyuarakan!

Suarakan tulisan anda bersama Panah Kirana. Kirimkan tulisan apa saja ke email kami dan akan kami suarakan di dalam kolom!

*Format: nama, judul, tulisan

Kirim Tulisan
Cari dengan tagar
No tags yet.
Social Media PANAH KIRANA
  • line
  • Instagram Social Icon

Ikuti terus perkembangan kami

bottom of page