top of page

Debat Orasi Usai, Giliran Mahasiswa/i Bersuara


Kedua calon ketua baru BEM UPH telah diberikan kesempatan menyuarakan diri melalui debat dan orasi tanggal 11 dan 12 April lalu – dari hari Senin tanggal 16 April hingga Kamis kemarin, giliran mahasiswa/i UPH untuk bersuara melalui booth voting untuk pemilihan ketua BEM UPH 2018-2019 yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) UPH. Booth voting tersebut terletak di Gedung B, D, dan F Main Campus UPH serta Gedung Kampus Fakultas Kedokteran UPH, dan masing-masing dibuka dari pukul 10:00 hingga 16:00 WIB.


Sejak hari pertama pelaksanaan pemungutan suara, kegiatan demokratis ini sudah disambut dengan semangat. Mulai 10:00 WIB di Gedung D Main Campus UPH sendiri, puluhan mahasiswa/i sudah terlihat mengerumuni sisi kanan lobi dimana booth disediakan. Beberapa dari mereka melambai-lambaikan tangan sambil mengajak teman-teman mereka ikut serta dalam pemilihan, sementara sisanya berbaris dengan smartcard yang telah mereka siapkan sambil menunggu giliran mereka. Euforia pemilihan ini masih ditunjukkan oleh mahasiswa/i UPH dalam menit-menit menjelang waktu tutupnya booth pukul 16:00 WIB, dimana beberapa dari mereka masih terlihat mendatangi booth di depan Main Campus Gedung B Genap serta lobi Gedung D.


Ketika ditanya tentang situasi pada hari pertama, salah satu anggota KPU UPH 2017, Chrisviandi Wennardy, mengungkapkan bahwa proses permilihan dapat dikatakan berjalan lancar. “Mahasiswa sudah mulai mengetahui adanya kegiatan pemungutan suara calon ketua BEM 2018-2019. Untuk secara keseluruhan, kita tidak mendapatkan informasi, misalnya, tentang kericuhan atau keributan,” jelas Chrisviandi. Berdasarkan pengamatannya, Chrisviandi juga mengungkapkan bahwa jam 11 hingga jam 1 siang dapat digolongkan sebagai jam “ramai”, dimana ada sekitar 50-70 orang yang hadir per booth.


“Kita sudah melihat bahwa mahasiswa/i sudah berusaha untuk berpartisipasi dalam pemungutan suara, karena dalam pemungutan suara ini kita (KPU UPH) tidak melakukan kegiatan publikasi yang “euforia”, tetapi kita melakukannya secara formal, baik secara sosial media dan juga poster saja,” ungkap anggota KPU UPH 2017 ini. “Maka dari itu kita sudah melihat bahwa ada tindakan yang lebih proaktif dari masing-masing mahasiswa.”


Visi misi telah disuarakan oleh kedua calon ketua baru BEM UPH baik secara lisan maupun tertulis, dan mahasiswa/i pun telah memberikan dukungan suara mereka dengan meriah. Apapun yang menjadi hasil penghitungan suara, semoga mahasiswa/i dapat menerimanya dengan semangat yang telah mereka tunjukkan selama pemilihan.


Tentang Kami
Anda beropini? Kami menyuarakan!

Suarakan tulisan anda bersama Panah Kirana. Kirimkan tulisan apa saja ke email kami dan akan kami suarakan di dalam kolom!

*Format: nama, judul, tulisan

Kirim Tulisan
Cari dengan tagar
No tags yet.
Social Media PANAH KIRANA
  • line
  • Instagram Social Icon

Ikuti terus perkembangan kami

bottom of page