top of page

Berangkat Ke Lombok, HMFH Jalankan Misi Kemanusiaan


Lombok – Sebagai sebuah upaya untuk menjalankan misi kemanusiaan, Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (HMFH UPH) telah melakukan penggalangan dana sejak akhir bulan Agustus kemarin untuk dikirimkan sebagai bantuan ke warga yang terkena bencana gempa di Lombok. Program kerja HMFH yang didukung Service Learning Community (SLC) ini akhirnya dilaksanakan pada tanggal 1-2 September kemarin.


Jovin Kurniawan sebagai ketua HMFH bersama 4 perwakilannya, Morita (Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat), Ikhrom (anggota Non Akademis), Fernando (anggota Non Akademis), dan Yohanes (anggota Hubungan Masyarakat) langsung mendatangi lokasi dan memastikan donasi dan barang yang telah dikumpulkan tersalurkan dengan baik kepada warga korban bencana. Desa Rempek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara sebagai salah satu daerah yang paling rusak akibat guncangan gempa bumi berkekuatan 7 skala Richter (SR) pada 5 Agustus kemarin menjadi tempat disalurkannya donasi yang telah dikumpulkan.


Kehadiran 5 perwakilan HMFH tersebut disambut oleh masyarakat Desa Rempek dengan hangat, bahkan masyarakat setempat menyajikan hidangan makanan untuk disantap saat makan siang. Tak hanya menyantap makan siang bersama, HMFH juga melakukan sosialisasi dengan warga setempat. Setelah diteliti, ternyata gempa bumi yang dirasakan cukup kuat itu telah menelan 2 korban jiwa warga Desa Rempek. Dari hasil pengamatan tim Panah Kirana tidak ada satupun rumah yang masih kokoh berdiri. Semua telah hancur sehingga sementara waktu warga Desa Rempek hanya dapat beristirahat dibawah terpal dan tenda sisa yang tersedia.


Menurut keterangan warga setempat, belum ada tindakan pemerintah yang membawa mereka ke kehidupan yang lebih layak, bahkan selama satu bulan kebelakang mereka tidak mendapatkan listrik dan air.


“Listrik baru nyala tiga hari lalu, sedangkan air minum bersih baru dapat dua hari lalu, padahal musibah kita udah sebulan,” tutur kata Adi, warga setempat. Warga Desa Rempek berharap pemerintah dapat memberikan bantuan secara merata dan cepat agar mereka dapat hidup lebih layak.


“Harapan saya supaya pemerintah lebih melihat kita yang juga butuh bantuan, karena selama ini pemerintah bantunya masih yang di daerah kabupaten aja, sedangkan kita di sini masih belum diperhatikan, mungkin karena desa kita cukup ke dalam sih, cuma kita sangat membutuhkan bantuan pemerintah,” tambah Adi.


Kunjungan HMFH di Desa Rempek ditutup dengan penyerahan donasi dan barang-barang kepada warga desa setempat dan penyampaian pesan dari Jovin dengan maksud agar barang-barang yang telah diberikan dapat berguna dan bermanfaat bagi warga setempat. “Semoga barang-barang ini dapat bapak dan ibu gunakan dengan baik, dan bermanfaat ya, jadi dapat menjadi berkat buat bapak dan ibu di sini.” tutur Jovin.


Tentang Kami
Anda beropini? Kami menyuarakan!

Suarakan tulisan anda bersama Panah Kirana. Kirimkan tulisan apa saja ke email kami dan akan kami suarakan di dalam kolom!

*Format: nama, judul, tulisan

Kirim Tulisan
Cari dengan tagar
No tags yet.
Social Media PANAH KIRANA
  • line
  • Instagram Social Icon

Ikuti terus perkembangan kami

bottom of page